top of page
Search

Bagaimana Smartboard memberi Dampak Positif pada Sektor Pendidikan

Updated: Dec 2, 2019


Indonesia telah mengalami peningkatan standar pendidikan seiring dengan kemajuan dan inovasi teknologi selama beberapa tahun terakhir. Saat ini dunia pendidikan disuguhkan dengan teknologi interaktif berupa Smartboard. Berikut adalah manfaat utama menggunakan teknologi pintar ini di bidang pendidikan:



Bagaimana Smartboard Menguntungkan Sektor Pendidikan
Source: Property of Sentuh

1. Meningkatkan Pengalaman Belajar


Menurut survei Gallup, setelah memperkenalkan Smartboard di sekolah & perguruan tinggi, tingkat keterlibatan siswa meningkat sebesar 55%. Melalui teknologi ini, materi yang disampaikan dapat menggunakan ilustrasi berupa foto, grafik, diagram alur, hingga video animasi agar kegiatan belajar di kelas menjadi lebih menarik dan lebih mudah dipahami.


Ketika siswa belajar melalui visual, mereka dapat lebih mudah menangkap materi yang disampaikan dibandingkan dengan hanya mendengarkan dan melihat ke papan tulis. Kegiatan ini juga dapat mendorong kreatifitas siswa.



2. Mudah Akses Resources Online


Melalui Smartboard yang terhubungan dengan internet, guru dapat dengan mudah menunjukkan solusi praktis, misalnya saat sesi tanya jawab dengan siswa, guru dapat memberikan penjelasan dari berbagai jurnal ilmiah.



3. Easy Editing


Guru dapat dengan mudah mengedit materi yang ditampilkan dengan berbagai tools dan menambahkan special effects ke dalem materi pembelajaran seperti menandai atau memberi keterangan pada image tertentu.



4. Cepat dan Praktis


Smartboard memungkinkan guru beralih dari satu materi ke materi lain hanya dengan satu ketukan, mulai dari menyampaikan pelajaran, menulis di papan tulis, hingga menjelajahi internet.


Teknologi ini juga dapat membuat presentasi menjadi lebih praktis, tanpa harus sambung menyambung kabel. Kamu dapat memindahkan data dari smartphone ke Smartboard maupun sebaliknya melalui fitur QR code, sehingga materi yang disampaikan saat presentasi dapat langsung dibagikan kepada semua orang yang ada di kelas.


Bagaimana Smartboard Menguntungkan Sektor Pendidikan
Source: Property of Sentuh

5. Support e-Learning


Smartboard mensupport presentasi secara live yang dapat diakses melalui situs web video sharing. Fitur ini memudahkan guru dan memberikan fleksibilitas untuk menyampaikan materi pembelajaran dari jarak jauh.


Smartboard dapat mengubah sesi belajar mengajar yang membosankan menjadi lebih interaktif dan menyenangkan dengan menampilkan materi dalam bentuk visual maupun animasi. Fitur drawing dan screen mirroring memungkinkan kamu untuk menandai, memperbesar, capturing dan memberi keterangan pada display berupa tulisan atau gambar. Hal ini memudahkan guru dalam menyampaikan materi di kelas.

80 views0 comments
bottom of page